Rabu, 16 Maret 2011

Sejarah Komputer Portable

Share PC atau personal computer saat ini telah menjelma menjadi kebutuhan utama layaknya kebutuhan pokok manusia di dalam kehidupannya. Bahkan bagi sebagian orang, komputer dirasakan sudah seperti teman dalam hidupnya yang selalu menemani kesehariannya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh sebuah komputer, dan tidak dapat dipungkiri hal tersebut membuat manusia bisa menjadi cukup bergantung pada sebuah komputer.
Dahulu, komputer hanya digunakan oleh kalangan tertentu juga untuk tujuan atau kebutuhan tertentu, misalnya seperti yang dilakukan oleh Joseph Marie Jacquard. Pada tahun 1801, ia menggunakan perangkat komputer untuk industri tekstil. Tentu saja komputer yang digunakan berbeda dengan komputer yang ada sekarang pada umumnya. Joseph Marie Jacquard memanfaatkan teknologi yang ada pada saat itu untuk mencetak pola dasar tenunan yang dimilikinya.
Seiring dengan terus berkembangnya teknologi yang disertai dengan adanya kebutuhan yang cukup tinggi akan sebuah komputer yang mampu menemani mobilitas penggunanya, sebuah ide lahir untuk menciptakan komputer portable.
Pada tahun 1968, seorang yang bernama Alan Kay berhasil membuat konsep/ide untuk membuat komputer portable. Ia menggambarkan sketsa komputer portable dan dipublikasikan pada tahun 1972 dengan nama Dynabook. Sayangnya, Dynabook ini tidak pernah terwujud menjadi kenyataan.
Sebuah perusahaan bernama GRID System akhirnya berhasil menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan komputer portable berupa tablet komputer yang diberi nama GRIDPad pada tahun 1989. Pada saat itu, GRIDPad hadir dengan mengusung layar besar minichrome, fax/modem slot, internal floppy drive, dan PCMCIA slot. Sistem operasi yang dimilikinya adalah MS-DOS.
Masih pada tahun yang sama, Apple juga meluncurkan produknya yang bernama Apple Newton. Namun sedikit berbeda dari konsep awalnya sebagai tablet komputer, Apple Newton pada akhirnya memiliki dimensi yang sangat portable sehingga lebih tepat dikatakan sebagai sebuah PDA (Personal Digital Assistant). Selanjutnya beberapa perusahaan ternama lainnya turut serta meramaikan persaingan dengan beberapa produk seperti IBM ThinPad 700T dan Palm Pilot (exhibIT)

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan Anda

 
Powered by virdian@art