Sabtu, 12 Februari 2011

Perkembangan Telekomunikasi

Share Teknologi telekomunikasi seluler berkembang seiring dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat terhadap telekomunikasi. Pada awalnya, value proposition dari layanan komunikasi seluler adalah sarana komunikasi suara dengan mobilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan layanan telepon tetap. Functionality, reliability, efficiency, dan quality belum menjadi pertimbangan utama. Sehingga teknologi seluler generasi pertama bias memenuhi kebutuhan. Akan tetapi seiring dengan waktu, ekspektasi pelanggan terhadap layanan telekomunikasi seluler semakin meningkat. Pelanggan tidak cukup terpenuhi kebutuhan komunikasinya hanya dengan komunikasi suara, tetapi juga menginginkan komunikasi teks, data, bahkan multimedia.
Tingginya mobilitas masyarakat telah membantu mengembangkan mobile technology di dunia ini. Banyaknya aktivitas atau pekerjaan yang perlu dilakukan dan sedikitnya waktu yang tersedia membuat orang-orang ingin tetap berhubungan dengan informasi dimanapun dan kapanpun. Mobile technology merupakan inovasi yang muncul sebagai jawaban atas kebutuhan-kebutuhan tersebut. Kini mobile technology memiliki karakteristik yang mencerminkan kemampuan-kemampuan seperti ubiquity, convenience, instant connection, and personalization.
Ubiquity berarti dimana saja, kapan saja, sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk real time information. Convenience adalah mudah dan cepat untuk digunakan. Instant connection berarti bisa melakukan koneksi dengan internet atau alat-alat mobile lainnya dengan cepat dan mudah, sedangkan personalization berarti bisa memberikan customized information sesuai karakteristik pribadi seseorang.
Kemunculan teknologi mobile ini, selain didorong oleh kebutuhan, juga didorong oleh factor-faktor lainnya antara lain : semakin banyaknya jenis mobile devices yang tersedia, vendor/market push, semakin murahnya harga mobile technology, semakin banyak fungsi mobile yang ditawarkan, dan semakin baik dan luasnya jaringan yang tersedia. Kini telah tersedia berbagai perangkat teknologi mobile seperti laptop, PDA, dan ponsel. Ponsel awalnya muncul dari kebutuhan untuk berkomunikasi dimana saja dan kapan saja. Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi komunikasi ini mulai diintegrasikan dengan berbagai macam teknologi dan fungsi lainnya, seperti fungsi kamera dan internet.
Metamorfosis ponsel pertama dimulai dari perubahan bentuk atau ukuran ponsel, mulai dari ukuran sebesar aki mobil menjadi sebesar korek api; kedua dari segi kemampuan, dimana tadinya hanya untuk menelepon kini menjadi kemampuan yang berlipat ganda dengan adanya music player, kamera digital, game console, bahkan modem internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan Anda

 
Powered by virdian@art